-->

3 Cara Bypass FRP Oppo F1s A1601

- December 03, 2016
Bingung cari cara reset pola di Oppo F1S? Dari menu recovery kok ga ada pilihan wipe data and application? Kali ini kami akan bahas secara lengkap, beberapa cara buka kunci Oppo F1s dan cara reset akun gmail di HP Oppo F1s.

Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur baru untuk melindungi perangkat Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau lebih tinggi. Fitur keamanan ini memungkinkan menyiapkan perangkat untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya.


Sejak Android versi 5 yaitu Marshmallow, Google sebagai pengembang OS Android memperkenalkan fitur FRP (Factory Reset Protection), tujuannya sih bagus yaitu untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakan perangkat tersebut. Mirip seperti fitur Icloud pada Iphone, fitur FRP ini akan meningkatkan security pada OS Android.


Pertama kali kami menemukan pasien Oppo F1s terkunci, baik itu terkunci pola atau terkunci kata sandi, tentu yang ada di pikiran kita adalah masuk ke menu recovery, dengan kombinasi tombol Volume Bawah + Power, lalu wipe data. Namun, di Oppo F1s sudah menggunakan security terbaru, sehingga tidak ada opsi untuk wipe data dan application. 


Solusinya adalah men-downgrade Oppo F1s ini. Kami sendiri menggunakan firmware OTA, silakan cari di google ya, ini nama filenya A1601EX_11_OTA_019_all_201610112241_local. Kalau sudah selesai download, copy ke micro SD lalu install via recovery mode ya. Setelah setelah install, reboot dan masuk lagi ke recovery mode, maka seharusnya ada opsi untuk wipe data dan application. 


Masalah lupa kunci ternyata belum selesai hanya dengan downgrade Oppo F1s karena masih ada satu hal lagi yang mesti dilakukan, yaitu reset akun gmail alias bypass FRP Oppo F1s. Kalau ini, kita butuh koneksi internet ditambah sedikit pengetahuan dan senam jari. Video ini menunjukkan cara membuka kunci pola Oppo F1S dan jika terkunci gmail, ada cara untuk reset FRP Oppo F1S. Tonton hingga selesai dan subscribe ya..





Sudah selesai nontonya? Udah ngerti belum? Haa...ga ngerti juga?? Walah...piye iki rek. Konsepnya sederhana, bagaimana kita bisa mengakses browser (Google boleh, browser lainnya juga boleh) lalu kita download Quickshortcutmaker.apk, install apk tersebut dan masukkan akun gmail dengan bantuan apk tersebut. Di video diatas, kami meng-copy apk yang sudah kami download ke memory micro SD, lalu diakses dari aplikasi Google. Konsepnya sama, hanya caranya beda dikit. 

Yang masih newbie, simak langkah-langkahnya berikut:
  1. Ponsel Oppo F1s dalam kondisi terkunci FRP, dalam posisi meminta masukkan akun gmail.
  2. Klik pada bagian email hingga muncul keyboard Oppo.
  3. Klik keyboard Oppo di pojok kiri atas, akan muncul popup, pilih Setelan (lihat videonya dibawah biar lebih jelas).
  4. Pilih Bantuan & Tentang
  5. Geser ke bawah, pilih Kebijakan Privasi
  6. Pilih Browser lalu masuk ke http://vnrom.net/bypass/ Download Quickshortcutmaker.apk
  7. Begitu selesai download, buka menu Download lalu install apk tersebut. 
  8. Jika muncul popup Pemasangan Dicekal, klik Setelan, lalu aktifkan opsi Sumber tidak dikenal, pilih Izinkan.
  9. Klik Lanjut Install
  10. Klik Pasang
  11. Setelah selesai install, klik Buka.
  12. Ketik Google lalu cari Google Account Manager / Pengelola Akun Google.
  13. Pilih yang ada kata Email dan Sandi, maka akan muncul dialog untuk memasukkan akun.
  14. Di pojok kanan atas, klik tanda menu dan pilih Masuk Browser.
  15. Masukkan akun dan password gmail Anda. Layar akan kembali ke menu sebelumnya.
  16. Restart HP, lalu setting seperti biasanya. Kini Anda bisa melewati kunci FRP..
Pengen tahu: Review Spec dan Harga Oppo F3, ada cara buka kunci pola Oppo F3

Dalam perkembangannya, kami menemukan ada yang berbagi stock ROM Oppo F1s yang bisa diflash menggunakan SPFT (Smartphone Flash Tool). Tentu saja, dengan ada firmware ini, kita tidak perlu downgrade lagi. Cukup flash partisi userdata saja, maka pola atau kata sandi akan hilang. Tinggal lanjutkan lagi dengan senam jari untuk membuka kunci gmail atau bypass FRP seperti yang telah dijelaskan di video diatas.
Bagi yang mau mencoba cara ini, silakan download dulu filenya:

Oppo F1s Pattern Lock and BYPASS FRP

Langkah-langkahnya:
1. Flash partisi userdata untuk membuka kode atau pattern lock Oppo F1s
Proses flashing sama seperti kita flash dengan SP Flash Tool seperti biasa. Di file tersebut, cuma ada file scatter, preloader dan userdata. Ingat, hilangkan tanda centang pada preloader. Cukup flash partisi userdata saja. Setelah selesai flash, reboot HP dan jika terkunci akun gmail, lanjutkan langkah berikut.
buka kunci Oppo F1s


2. Bypass FRP Oppo F1s dengan format partisi FRP
Buka flashtool, masuk tab Format. Klik manual format flash. Pada kolom begin addres isi dengan 0x3f88000 dan pada kolom format length isi dengan 0x100000. Pastikan angka yang diisi harus benar. Klik start dan tunggu proses format selesai. Silakan reboot HP dan setting hingga masuk ke menu.
reset akun gmail Oppo F1s

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Ingat!!! Risiko ditanggung supirnya...
Oh ya, Oppo F1s ada 2 tipe CPU yaitu MT6750 dan MT6755, silakan check kembali Oppo F1s yang sedang Anda kerjakan, sesuaikan firmware dengan tipe CPUnya yah. 

Selain 2 cara diatas untuk membuka kunci pola Oppo F1s, kami juga menemukan ada yang membahasnya dengan cara menggunakan google-bypass-verification.apk. Apk ini dulu banyak digunakan untuk bypass FRP Samsung yang masih menggunakan security tahun 2015. Caranya cuma gampang, copy file apk tersebut ke flashdisk lalu gunakan kabel OTG untuk menghubungkan flashdisk tersebut ke HP, maka akan muncul popup untuk membuka File Manager. Dari situ, kita bisa menginstall aplikasi tersebut lalu masuk ke menu Setting/Pengaturan, lalu cari opsi untuk reset data pabrik. Selesai.... Tapi cara ini tidak pernah kami coba. Sepertinya di security android tahun 2016 sudah banyak HP yang tidak bisa dibypass dengan cara seperti ini.

Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search